Projects
Client: Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Surakarta
Partner: –
Durasi Proyek: November 2020 – Desember 2020
Deskripsi Project
Adanya wabah Pandemi COVID-19 membawa perubahan yang sangat masif terhadap seluruh industri di dunia, terutama industri pariwisata. Penting untuk tiap pengelola destinasi termasuk Kota Surakarta dalam memahami perubahan-perubahan persepsi, perilaku, dan ekspektasi turis domestik dalam berlibur. Dengan mengetahui perkembangan yang terjadi, pengelola destinasi dapat mengembangkan strategi pemasaran dan manajemen produk untuk dapat berinovasi dan beradaptasi sesuai dengan kondisi yang ada. Wise Steps Consulting bekerjasama dengan BPPD Kota Surakarta melakukan survei online di beberapa daerah yang menjadi target pasar wisatawan Kota Surakarta.
Tujuan Project
Tujuan pekerjaan Survei Wisatawan Nusantara Pasca Pandemi di Kota Surakarta adalah sebagai berikut:
- Mengidentifikasi persepsi, perilaku, dan keinginan wisatawan nusantara secara umum dilihat dari tourist journey stage (Dreaming, Planning, Booking, Experience, Sharing);
- Mengindentifikasi kecemasan dan ekspektasi wisatawan premium terkait dengan destinasi Kota Surakarta;
- Mengidentifikasi saluran promosi produk wisata di Kota Surakarta;
- Menyusun rekomendasi singkat dalam strategi adaptasi Kota Surakarta yang sesuai dengan preferensi wisatawan nusantara pasca pandemi dan temuan survei.