Launching Kompetisi Dewiku
Projects
Client: Departemen Regional Bank Indonesia
Durasi Proyek: 31 Juli – 1 Agustus 2024
Deskripsi Proyek
Program Kompetisi Model Bisnis DEWIKU merupakan inisiatif yang didesain untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata nasional yang inklusif. Kompetisi ini merupakan inisiasi dari Bank Indonesia yang bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes) yang tergabung dalam Sekretariat Bersama (Sekber) Pariwisata. Program ini adalah bagian dari dukungan terhadap kebijakan pemerintah yang mendorong pengembangan sektor pariwisata yang berkualitas dan inklusif. Melalui kompetisi ini, diharapkan dapat mendorong lahirnya inovasi model bisnis yang dapat mempercepat perkembangan Creative Entrepreneurship di desa wisata.
Tujuan utama dari program ini adalah untuk menciptakan model bisnis inovatif dan implementatif yang dapat menjadi acuan dalam pengembangan desa wisata ke depan. Dengan kata lain, inovasi bisnis yang dihasilkan dari kompetisi ini diharapkan dapat diterapkan dan memberikan dampak positif bagi pengembangan desa wisata secara berkelanjutan. Demi mencapai tujuan ini, Kompetisi Model Bisnis DEWIKU mengedepankan semangat sinergi lintas instansi maupun pemangku kepentingan, dengan mengikutsertakan peran akademisi atau universitas.
Partisipan dalam kompetisi ini terbuka luas bagi seluruh masyarakat luas, akademisi, dan tentunya pengelola desa wisata yang telah berhasil memenangkan atau masuk dalam nominasi Anugerah Desa Wisata 2021 hingga 2023, 60 (enam puluh) desa wisata yang telah berhasil mengikuti program Kampanye Sadar Wisata, dan desa wisata yang telah memenangkan Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) tahun 2019 sampai dengan tahun 2023, serta memiliki komitmen kerjasama dengan akademisi. Inovasi yang diharapkan dari kompetisi ini diharapkan dapat sejalan dengan arah kebijakan Bank Indonesia yang mendukung pertumbuhan creativepreneur, serta memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan kinerja pariwisata dan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan kunjungan, pengeluaran, dan durasi tinggal wisatawan.
Keluaran Proyek
- Konsep Kompetisi Model Bisnis DEWIKU yang merinci ide umum termasuk tujuan, sasaran yang ingin dicapai, dan tahapan-tahapan pelaksanaan kompetisi.
- Kegiatan sosialisasi kompetisi yang meliputi hal-hal pembuatan logo dan pembentukan website.
- Kegiatan mentoring untuk melakukan persiapan strategis dan taktis pra-kompetisi.