Visa Logo

Capacity Development for Informal Tourism Workers in Indonesia

Client: PATA & VISA

Durasi Proyek: Desember 2022 – Juni 2023

Deskripsi Proyek

Program “Capacity Development for Informal Tourism Workers in Indonesia” merupakan sebuah program dari PATA (Pacific Asia Travel Association) yang didukung juga oleh VISA. Program ini merupakan perpanjangan dari program Tourism Destination Resilience yang tak hanya mendukung destinasi pariwisata untuk pulih dari dampak pandemic COVID-19, namun juga untuk mempersiapkan krisis yang dapat terjadi di masa depan. Proyek kali ini bertujuan untuk membangun kapasitas para pekerja informal di sektor pariwisata yang sering terabaikan, seperti pedagang kaki lima (PKL), pedagang souvenir, pengemudi, pemandu tur lepas, pengrajin, hingga seniman yang ada di Indonesia. Pelatihan ini dibuat sepraktis mungkin demi mendukung pekerjaan sehari-hari para pekerja informal sektor pariwisata dengan  menargetkan 500 pekerja informal yang ada di Provinsi DKI Jakarta dan Bali.

Pelatihan ini disusun berdasarkan hasil suvey yang telah dilakukan sebelumnya kepada para pekerja informal di Jakarta dan Bali terkait dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk meningkatkan kemampuan mereka. Berdasarkan hasil tersebut, maka disusunlah sebuah program pelatihan di Bali dan Jakarta yang dimulai dari Bulan Februari hingga Mei 2023. Pelatihan ini bersifat praktis demi mendukung pekerjaan sehari-hari para pekerja informal yang mencakup:

  1. Peningkatan skill foto dan videografi profesional menggunakan mobile phone
  2. Digitalisasi dalam Pelayanan Pariwisata, seperti penggunaan aplikasi google maps, google translate & google business.
  3. Peningkatan kemampuan komunikasi dan pelayanan terhadap wisatawan
  4. Penerapan kebersihan dan higienitas dalam usaha makanan dan minuman
  5. Peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan

Keluaran Proyek

  1. Melakukan Training Need Analysis kepada pekerja informal di Bali dan Jakarta.
  2. Menyusun & mengembangkan konten pelatihan.
  3. Menjalankan pelatihan kepada 500 pekerja informal sektor pariwisata yang ada di Bali dan Jakarta.
Capacity Development for Informal Tourism Workers in Indonesia
Menu
English »
Open chat
Halo 👋

Ada yang bisa kami bantu?