Smart destination adalah konsep destinasi wisata yang mampu menggunakan konsep Teknologi informasi dan komunikasi (ICT), inovasi, dan berkelanjutan secara efektif untuk mengatasi berbagai persoalan yang ada dan meningkatkan kualitas pelayanan
1. Penggunaan Urban Tourism Governance Model
2. Fokus pada penyelesaian masalah kepariwisataan (termasuk keberlanjutan)
3. Pemanfaatan teknologi secara efektif. contoh: big data dan geo-location
4. Berpihak pada kepentingan masyarakat lokal dan wisatawan
5. Perlu komitmen dan kerja sama seluruh pemangku kepentingan
Smart destination adalah bagian dari smart city yang fokus pada pengembangan destinasi wisata yang lebih digital (smart).
Tourist Destination
- Optimalisasi sistem manajemen
- Interpretasi budaya dan alam yang lebih baik
- Kemampuan penyimpanan data yang lebih baik
- Menghubungkan komponen wisata dalam suatu sistem yang netral dan dinamis
Tourists
Akses lebih baik terhadap produk, pelayanan, informasi, dan pengalaman wisata
Tourism Business
- Kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan bisnis
- Peningkatan inovasi bisnis
- Peningkatan tingat kompetisi bisnis
Sumber: IGI GLOBAL PUBLISHER
Indonesia dan Usaha Pengembangan Smart Destination
- Sistem Manajemen yang digital
- Pemanfaatan teknologi secara tepat guna
- Pemanfaataan analisis big data
- Pemanfaatan artificial intelegence