Wise Steps Consulting - Labuan Bajo Flores

Kajian Keuangan Sistem Membership
di Taman Nasional Komodo

Client: Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores
Partner: Delta Indojaya
Durasi Proyek: Agustus 2020 – November 2020

Deskripsi Proyek
Untuk meningkatkan devisa pendapatan dari sektor pariwisata serta menanggulangi dampak negatif yang dapat disebabkan oleh makin berkembangnya kepariwisataan di kawasan Taman Nasional Komodo, pemerintah mencanangkan program membership wisata di kawasan Taman Nasional Komodo. Maka dari itu, kawasan wisata di Taman Nasional Komodo menjadi salah satu prioritas utama pembangunan kawasan pariwisata oleh pemerintah pusat agar dari sisi infrastruktur dapat lebih siap menyambut wisatawan segmen kelas atas. Rencana keuangan sangat penting untuk dilakukan agar potensi dan kelayakan program membership dapat sesuai dengan target yang ingin dituju. Hal ini mengacu pada struktur biaya, potensi pendapatan, dan distribusi keuangan seperti faktor pertimbangan pemberian fasilitas dan investasi yang akan dikeluarkan.

Untuk mendapatkan rencana keuangan yang sesuai dengan target dan sasaran wisatawan, diperlukan pemahaman terhadap berbagai aspek yang mempengaruhi pariwisata tersebut. Pemahaman mengenai pariwisata sebaiknya menggunakan perspektif pariwisata berkelanjutan. Wise Steps Consulting membantu pihak klien dalam menyusun rencana keuangan yang komprehensif dari latar belakang diatas.

Tujuan Proyek
Tujuan dari Rencana Keuangan Pengelolaan Membership di Kawasan TN Komodo adalah untuk:

  • Membuat analisis proyeksi operasional dari produk membership di
  • Kawasan TN Komodo dari skenario supply dan demand;
  • Membuat analisis proyeksi kelayakan (IRR, NPV, dan payback period) dari produk membership di Kawasan TN Komodo dari skenario supply dan demand;
  • Memberikan rekomendasi distribusi pendapatan dari produk membership di TN Komodo dari skenario supply dan demand.

Output

Wise Steps Consulting - Kajian Keuangan Sistem Membership di Taman Nasional Komodo
Menu
Open chat
Halo 👋

Ada yang bisa kami bantu?