Wise Steps Consulting - Labuan Bajo Flores

Strategi Promosi Labuan Bajo
sebagai Destinasi Premium

Client: Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores
Partner: –
Durasi Proyek: Agustus 2020 – November 2020

Deskripsi Proyek
Setelah ditetapkan Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas dan destinasi premium, maka diperlukan suatu strategi promosi untuk memperkuat positioning destinasi Labuan Bajo. Apalagi kawasan tersebut juga terdiri dari Taman Nasional Komodo yang mempunyai status bergengsi yaitu Cagar Biosfer dan World Heritage Site dari UNESCO.

Namun, adanya wabah Pandemi COVID-19 membawa perubahan yang sangat masif terhadap seluruh industri di dunia, terutama industri pariwisata. Oleh karena itu, penting untuk tiap pengelola destinasi memahami skenario pariwisata yang dapat terjadi di era pandemi, untuk memprediksi dan menyusun strategi yang dapat digunakan untuk menyambut wisatawan dengan melakukan penyesuaian terhadap fase New, Next dan Post Normal.

Untuk fase Next Normal, dimana negara-negara mulai mendistribusikan vaksinnya, maka pergerakan pariwisata pun diperkirakan akan mulai dibuka dan perjalanan yang bersifat jarak pendek (short haul) pun akan memenuhi kunjungan ke destinasi. Kemudian, ketika dunia telah memasuki fase Post Normal yang akan diprediksi terjadi pada tahun 2022, maka perjalanan wisata jarak jauh (long haul) akan kembali bergeliat.

Selain memahami skenario pariwisata yang dapat terjadi, penting bagi pengelola destinasi Labuan Bajo Flores untuk memahami juga perilaku wisatawan dalam memutuskan untuk mengunjungi suatu destinasi premium. Labuan Bajo yang menargetkan kunjungan wisatawan premium, pula harus memahami bahwa akan terdapat perbedaan perilaku dan preferensi dari tiap segmen-segmen wisatawan premium, sehingga aspek pemasaran, khususnya strategi promosi pun sangat penting dilakukan agar komunikasi dan program pemasaran Labuan Bajo Flores dapat sesuai dengan target dan sasaran wisatawan premium yang ingin dituju.

Tujuan Proyek
Tujuan pekerjaan Strategi Promosi Badan Otorita Untuk Kawasan Labuan Bajo Flores sebagai Premium Destination adalah sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi persepsi, perilaku, dan keinginan wisatawan premium secara umum dilihat dari tourist journey stage (Dreaming, Planning, Booking, Experience, Sharing);
  • Mengindentifikasi kecemasan dan ekspektasi wisatawan premium terkait dengan destinasi Labuan Bajo Flores;
  • Mengidentifikasi efektivitas saluran promosi serta mengevaluasi aktivitas pemasaran dan tingkat penerimaan produk wisata di Labuan Bajo;
    Menyusun rekomendasi strategi promosi yang sesuai dengan preferensi wisatawan premium.

Output

Wise Steps Consulting - Labuan Bajo Flores Report
Menu
Open chat
Halo 👋

Ada yang bisa kami bantu?