Blog

  1. Home
  2. Blog
  3. Pembangunan Sumber Daya Manusia Untuk Pariwisata Indonesia yang Tangguh dan Berkelanjutan

Pembangunan Sumber Daya Manusia Untuk Pariwisata Indonesia yang Tangguh dan Berkelanjutan

Sampul Blog Website 1

Pembangunan sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci utama kemajuan sebuah bangsa, sehingga tidak diragukan lagi bila kebangkitan pariwisata sangat bergantung erat pada kapasitas SDM di destinasi pariwisata. Bekerjasama dengan Planeterra, organisasi nirlaba asal Kanada yang berfokus pada pengembangan kapasitas masyarakat lokal dalam bidang pariwisata, Wise Steps Group kembali mengadakan kegiatan Wise Tourism Forum secara daring pada hari Kamis, 18 November 2021, dengan mengusung tema “Human Capacity Development as the Key for Inclusive Tourism

WTF 2 3WTF 2 4

Seminar daring ini menghadirkan beberapa pembicara, seperti: Samsul Widodo, Staff Ahli Hubungan Antar Lembaga Kemendes PDTT; Evie Dhlovu dari Planeterra; Ayu Masita dari Wise Steps Foundation; Baiq Sri Mulya dari SembaluNina NTB; Sri Wahyuni, Ketua Dinas Pariwisata Kalimantan Timur; dan Ferdinandus Watu, Kepala Desa Detusoko Barat, Flores, NTT. Masing-masing pembicara menyampaikan inisiatif dan kerjasama multi-pihak yang telah dilakukan untuk mendukung pembangunan SDM Indonesia.

WiseInfo WSC

Acara yang dihadiri lebih dari 60 peserta penggerak wisata dari berbagai daerah di luar destinasi prioritas ini menyoroti bahwa kapasitas SDM saat ini bukan hanya dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, namun di saat yang bersamaan harus mampu mempertahankan orisinalitas, kebudayaan daerah, dan keasrian lingkungannya. Oleh karena itu, sinergi, kolaborasi, inisiatif, dan kemampuan untuk mau belajar dan berbagi ilmu menjadi penting untuk dimiliki oleh masyarakat terutama para penggerak pariwisata daerah.

Dalam kegiatan ini, Wise Steps Group juga turut meluncurkan kerjasama terbarunya bersama Planeterra. Melalui platform Wise Academy, Wise Steps Group dan Planeterra meluncurkan modul-modul pembelajaran daring berbahasa Indonesia terkait pengembangan produk pariwisata yang berkelanjutan dan penguatan kelembagaan untuk masyarakat lokal yang bergerak di bidang pariwisata, yang ditujukan bagi para pengelola atau pengusaha pariwisata di tingkat desa di seluruh Indonesia. 

Artikel Terkait

Menu
Open chat
Halo 👋

Ada yang bisa kami bantu?