Blog

  1. Home
  2. Blog
  3. Penerapan Blockchain Dalam Industri Pariwisata

Penerapan Blockchain Dalam Industri Pariwisata

Peranan Blockchain Dalam Industri Pariwisata

Perkembangan teknologi penyimpanan data secara digital atau yang dikenal dengan istilah Blockchain kian hari makin populer di kalangan komunitas IT hingga masyarakat awam sekaligus. 

Penggunaan Blockchain sebenarnya tidak terlepas dari Cryptocurrency, meskipun banyak sektor lain juga yang menggunakan teknologi tersebut.

Lalu, apa itu teknologi Blockchain? bagaimana kaitannya dengan industri pariwisata? dan seperti apa penerapan teknologi Bockchain tersebut mengubah industri pariwisata? 

Apa itu Blockchain?

Blockchain adalah teknologi yang menyimpan semua data transaksi, yang dihasilkan oleh suatu jaringan yang saling terhubung dan terenkripsi. Teknologi ini menjanjikan keamanan data yang dapat dilacak dan transparan namun tidak dapat diubah.

Keuntungan Teknologi Blockchain

1. Keamanan Data

Data di dalam sistem Blockchain terdesentralisasi, dan membentuk rangkaian sistem yang saling terhubung dan menawarkan keamanan yang lebih baik.

Blockchain Keamanan Data

2. Data Tidak Dapat

Diubah Data yang disimpan dalam sistem Blockchain menggunakan algoritma yang dibuat agar tidak bisa diubah oleh pihak lain yang tidak memiliki kewenangan.

Blockchain Data Tidak Dapat Diubah

3. Data Terdesentralisasi

Yang berarti, meski data disebarkan melalui suatu jaringan yang saling terhubung, namun tidak ada pihak yang memiliki kendali sepenuhnya untuk informasi yang diproses.

Blockchain Data Terdesentralisasi

Baca Juga: Metaverse: Peluang atau Ancaman bagi Industri Pariwisata?

Apa hubungan antara Blockchain dan Pariwisata?

Penerapan teknologi blockchain memudahkan aktifitas dalam bisnis pariwisata, terutama untuk transaksi finansial. Teknologi ini memungkinkan berbagai pihak terkait untuk dapat berbagi informasi dari pelanggannya dengan lebih mudah dan aman. Contohnya pihak Travel Agent yang membagikan data customernya dengan pihak Penerbangan dan Hotel yang saling bekerjasama.

Bagaimana Penerapan Blockchain Pada Industri Pariwisata?

1. Melacak Bagasi atau Barang Bawaan

Setelah melakukan check-in, bagasi kita berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya. Penggunaan teknologi Blockchain disini dapat memudahkan dalam melacak posisi bagasi, khususnya pada perjalanan internasional, karena informasi yang saling terhubung antar pihak terkait.

2. Identifikasi Data Diri

Penggunaan teknologi Blockchain dalam industri Pariwisata untuk menyimpan informasi, dapat mempermudah dalam mengidentifikasi data diri user. Teknologi ini dapat mempersingkat waktu check-in ataupun antrian hanya dengan scan QR Code ataupun fingerprint dan tidak perlu menunjukkan dokumen fisik lagi.

3. Transaksi Pembayaran Yang Aman dan Mudah Dilacak

Penggunaan teknologib Blockchain dalam industri Pariwisata sangat penting untuk melakukan transaksi yang lebih mudah, aman, dan bisa dilacak. Bahkan teknologi ini memungkinkan Travel Agent untuk dapat menerima pembayaran dengan mata uang crypto.

4. Rating Terhadap Bisnis atau Pelayanan

Dengan adanya teknologi Blockchain, semua orang dapat dengan mudah untuk melihat dan melakukan penilaian terhadap suatu produk, bisnis, dan juga layanan yang tersebar secara publik di forum-forum online.

5. Customer Loyalty Program

Banyak Travel Agent yang menggunakan Customer Loyalty Program untuk mendapatkan repeat customer. Peran Blockchain disini adalah untuk mempermudah proses dan pelanggan dapat mengakses informasi Loyalty Program atau reward point yang mereka miliki.

Baca Juga: Generasi Hashtag: Masa Depan Pariwisata Berkelanjutan dan Wisata Minat Khusus

Blockchain dalam industri pariwisata memiliki peranan penting dalam memudahkan berbagai macam aktifitas terlebih lagi pada sistem transaksi yang aman dan transparan.

Model bisnis yang terdesentralisasi, mudah diakses dan minim biaya menjadi salah satu pilihan yang patut diperhitungkan di era modern yang banyak mengandalkan teknologi terkhususnya di industri pariwisata.

Blockchain memang memberikan banyak keuntungan. Namun, kita tetap harus hati-hati dan update dengan perkembangan teknologi agar terhindar dari kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

Jadi apakah kamu sudah pernah menemukan contoh penggunaan teknologi Blockchain dalam kehidupan sehari-hari?

By: Agus Sur – Social Media Intern & S.Setiawan – Digital Marketer Wise Steps Group

Artikel Terkait

Menu
Open chat
Halo 👋

Ada yang bisa kami bantu?
Pop-Up Banner Event WSC 1