Empowering Sustainable Tourism, Harnessing Technology and Green Investment
Sebagai salah satu wujud nyata visi Wise Steps Group dalam mentransformasi industri pariwisata menuju pariwisata berkelanjutan, Wise Steps Consulting menjadi knowledge partner dari gelaran acara Asia Pacific Tourism, Hospitality Summit & Digital Brand Award 2024, pada 11 – 12 Januari 2024 yang berlokasi di Pecatu Hall, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Acara ini digagas oleh Enhaiier Corporation yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Mengangkat tema “Empowering Sustainable Tourism: Harnessing Technology and Investment for a Greener Future”, acara ini bertujuan untuk mempertemukan pemangku kepentingan utama dalam industri pariwisata Indonesia. Diskusi dilakukan seputar tren pariwisata berkelanjutan dan investasi berbasis keberlanjutan. Selain itu, acara ini menjadi platform bagi para praktisi pariwisata untuk menjalin kemitraan dan networking, sekaligus memberikan penghargaan kepada mereka yang berkontribusi aktif dalam mengarahkan industri pariwisata ke arah yang lebih digital melalui upaya digitalisasi.
Pada hari pertama, acara dibuka dengan paparan pre-conference briefing oleh Founder and CEO Wise Steps Consulting, Mochamad Nalendra, yang menekankan pada mengapa kita harus menuju kearah berkelanjutan. Selain itu tujuan dari pre-conference briefing ini adalah untuk memberikan gambaran kepada peserta tentang hubungan antara pariwisata berkelanjutan, ESG, teknologi, dan juga investasi hijau. Setelah itu acara dibuka secara resmi oleh Founder and CEO Enhaiier, Irmansyah Madewa, serta dilanjutkan oleh pembukaan dari Ketua Bali Tourism Board dan Sekda Provinsi Bali. Tidak lupa juga hadir dan memberikan sambutan dari Menteri Parekraf/Kabaparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno.
Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk: Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia), Dewa Made Indra (Sekretaris Daerah Provinsi Bali), Masruroh (Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran, Kemenparekraf RI), Ida Bagus Partha Adnyana (Chairman of Bali Tourism Board), Gusti Kanjeng Ratu Bendara (GRA. Nurastuti Wijareni) (Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi D.I. Yogyakarta).
Turut hadir juga beberapa narasumber pakar dan praktisi sustainable tourism, perwakilan dari Direktorat Manajemen Investasi Kemenparekraf, serta Ketua Tim Kerja Pendukungan & Penyelenggaraan dan PIC. Kajian dan Analisa dari Tim Kerja Strategi & Bidding, Direktorat MICE Kemenparekraf. Selain itu, sebanyak 250 orang peserta yang terdiri dari investor, CEO, General Manager Industri pariwisata, akademisi, pemerintahan, asosiasi dan komunitas lokal juga ikut meramaikan acara ini.
Kegiatan utama dalam acara ini terdiri dari Plenary Session dan beberapa Panel Discussion yang dilakukan selama dua hari. Para ahli dan tokoh dari pemerintah, asosiasi dan industri yang hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya merupakan perwakilan dari Kemenparekraf, Wise Steps Consulting, PATA, KADIN Indonesia, United in Diversity, Five Elements Retreat Bali, IHGMA Bali, Quantum Temple, Jejakin, Greenview Portal Singapore, Invest Island, Hotel Investasi Strategis, Green Building Consultant, UNDP, Eco Tourism Bali, Food Waste Expert, Samsara Living Museum, Six Senses Hotels Resort & Spa, Zeals Asia, Eco – Mantra, dan Bali Hotel Association.
Hari pertama acara juga dimeriahkan dengan kegiatan Table Top yang diikuti oleh 28 sellers industri perhotelan dari berbagai daerah di Indonesia serta buyers dari Tour Operator Bali. Selain itu juga selama dua hari terdapat pameran produk dan jasa yang diikuti oleh : BRI, UNDP, Amanda, Zen Table Ware, Inti Whiz International, Wise Step Consulting, BMN Living, Alga, Nusanet, Exely Indonesia, Liberta Hotel dan Visual Hotel Program (VHP).
Hari kedua acara juga ditandai dengan pemberian penghargaan kepada pemenang dengan berbagai kategori, seperti The Best Integrated Digital Marketing in Hotels, The Best Digital Academic System in Tourism School, The Best Campaign Concept in Hotels, The Best Digital Activites in Tourism School, The Most Impactful Campaign in tourism Industry, The Best Collaborative Campaign in Hotels, The Most Informative Social Media In Hotels, dan The Best Customer Experience in Travel Agent.
Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini telah berjalan dengan lancar dan sukses dengan mengusung tema serta topik-topik pembahasan mengenai sustainability yang sangat penting dan menarik. Direncanakan bahwa acara ini akan menjadi acara tahunan, dan kedepannya diharapkan dapat berkolaborasi dengan Direktorat MICE Kemenparekraf, sehingga dapat menjadi langkah nyata dalam memperkuat kebijakan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.